Asah Ilmu dalam Digital Fundraising BootCamp 2025

By: hardi

Subhan Hardi- Kabar Yayasan

Bogor, hsi.berbagi.id– Apa saja strategi, atau kiat untuk menggalang donasi yang besar dan sesuai target dalam kampanye Fundraising yang dilakukan? Jawabannya, terekam dalam gelaran “Digital Fundraising Bootcamp 2025” yang digagas Institut Fundraising Indonesia (IFI). Bertempat di Saung Dolken Syariah Resort, Bogor, pelatihan berlangsung selama empat hari, pada 7-10 Januari 2025.

Menghadirkan narasumber, praktisi kompeten, diantaranya;  Sri Sugiyanti S.Sos. (Direktur IFI), Fahrudin Ahmad (Kepala Divisi Digital Fundraising BAZNAS), Hudzaifah Faris Humani (Brand Campaign Manager kitabisa.com), Dean Martio (CEO Kawan Bantu) dan Imam Syujai (Supervisor Corporate Communications BAZNAS). Selama 4 hari peserta yang merupakan perwakilan lembaga, yayasan serta pegiat sosial diajak untuk memahami sederet materi berbobot. Tentunya, sebagai bekal dan ‘amunisi’ untuk meng-upgrade kemampuan fundraising dari sisi teknis dan praktik secara langsung.

Berlangsung menarik, materi ajar yang disampaikan, berupa; Digital Fundraising Fundamental dan Strategi, Audience Personality Insight dan Digital Branding Strategi (hari pertama), Copy Writing, Content Planning dan Content Fundraising, Social Media Optimization & Praktik Membuat Konten Viral, Tik Tok Marketing, YouTube Marketing, Landing Page Development dan Meta Ads (hari kedua), SEO On-page dan SEM, Digital Fundraising Reporting, Google Ads (hari ketiga) serta Presentasi Prokyek Akhir (hari keempat).

Belajar dan menuntut ilmu, adalah semangat yang selalu dan harus tumbuh dalam setiap hati seorang insan. Belajar pun menjadi kewajiban yang harus ditempuh sebagai jalan menuju sukses, baik dunia dan akhirat. Berangkat dari pemikiran inilah HSI BERBAGI mengirimkan perwakilannya dalam giat Bootcamp Digital Fundraising 2025. Tujuannya tak lain, menyerap sebanyak-banyaknya ilmu yang diperoleh dari materi pelatihan, kemudian diaplikasikan dalam praktik yang sesungguhnya. Sebagai lembaga filantrofi yang bergerak di bidang dakwah dan sosial, HSI BERBAGI juga terus berupaya mengembangkan program kebaikannya untuk membantu kepada sesama yang membutuhkan. Tentunya, dukungan para muhsinin dan donatur sangat diharapkan, sebagai upaya meningkatkan kualitas dan layanan yang diberikan. “Jadi, kami berharap dari pelatihan ini dapat diperoleh insight, dan masing-masing personel dapat menerapkannya dalam lembaga. Semoga, ikhtiar ini memberikan hasil positif dan berlanjut,” ujar Ketua Divisi HSI BERBAGI, Mujiman Abu Ibrahim di sela-sela pelatihan.

Selain Ketua Divisi Mujiman Abu Ibrahim, HSI BERBAGI sendiri mengirimkan personel tim media dan fundraising yang turut serta dalam pelatihan; Subhan Hardi, Pemimpin Redaksi web hsi.berbagi.id, Angga Pratama (Koordinator Fundraising HSI BERBAGI) serta Gaya Saripudin (Copy Writing). Sementara, lembaga serta pegiat sosial yang hadir dan tak kalah semangat untuk belajar, juga datang dari berbagai daerah seperti Solo, Semarang, Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Diantaranya; Nurul Islam Charity Semarang, Yayasan Komitmen Bersama, LAZ LMI, ZIS Indosat, Lembaga Nazhir Wakaf Oase, PPPA Darul Qur’a n, Solo Peduli, Yayasan Mitra Yatim dan lainnya. “Pelatihannya oke, karena melibatkan praktisi yang menjelaskan kiat dan strategi secara gamblang. Ini menjadi bekal yang baik, terutama memetakan segmentasi audiens di masing-masing platform untuk lembaga kami,” ujar Robin yang mewakili ZIS Indosat meyakinkan.